Minggu, 18 Desember 2011

Asal Usul Kab.Rembang


1. KOTA REMBANG
Pada dasarnya Kabupaten Rembang mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar dan tersebar, dengan didukung oleh letak geografis, kekayaan alam, seni dan budaya daerah, serta ciri khas yang menarik. Potensi pariwisata dan seni budaya Kabupaten Rembang yang sudah berkembang maupun belum berkembang, adalah sebagai berikut :
 
ASAL USUL REMBANG

                                                                  
       Pintu Masuk Kota Rembang                  Kantor Pemerintah Kab.Rembang                            Masjid Agung Rembang
                                                                                                                                 Lokasi Makam Sedolaut ( Adipati I Rembang )

Sekitar Tahun Saka 1336, datanglah orang Campa Banjarmati sebanyak delapan orang yang pandai membuat gula tebu. Orang-orang Campa itu pindah dari negerinya untuk membuat gula tebu. Mereka dipimpin oleh Kakek Pow Ie Din berangkat melalui lautan menuju ke Barat hingga mendarat di sekitar sungai dan kanan kirinya ditumbuhi pohon bakau. Ketika mendarat, mereka melakukan do’a dan semedi; setelah itu  mulailah menebangi pohon bakau  yang selanjutnya tanah itu dijadikan pertegalan / pekarangan serta perumahan dan perkampungan.

Kampung tersebut dinamakan KABONGAN berasal dari “BAKAU”  menjadi “ Ka-Bong-An (Kabongan)”. Pada suatu hari saat fajar menyingsing pada bulan Waisaka orang-orang mulai “ngerembang“ (mbabat; memangkas) tebu. Sebelum Ngerembang tebu dimulai terlebih dahulu upacara suci sembahyang dan semedi di tempat tebu serumpun, yang akan dipangkas 2 batang tebu (dinamakan “tebu pengantin”). Upacara pemangkasan tebu tersebut dinamakan “ngRembang  Sakawit”…

Dari kata ngerembang inilah kemudian menjadi kata “Rembang” nama kota Rembang yang sekarang ini. Menurut Sahibul Hikayat dengan nama samaran mBah Guru, Upacara “ngRembang Sakawit” dilaksanakan pada hari Rabo Legi, saat dinyanyikan kidung Minggu Kasada Bulan Waisaka Tahun Saka 1337 dengan Candra Sengkala  : Sabda Tiga Wadha Isyara.
 
PETA WISATA KABUPATEN REMBANG






MASJID AGUNG & KOMPLEK MAKAM ADIPATI I REMBANG ( PANGERAN SEDOLAUT ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar